Terbukti Berdasarkan Penelitian: Manfaat Kesehatan dari Kelp

Terbukti Berdasarkan Penelitian: Manfaat Kesehatan dari Kelp

Kelp adalah jenis rumput laut yang dapat dimakan, di dalamnya kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kelp mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan. Mengkonsumsi suplemen kelp ini dapat menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan kardiovaskular, dan memperbaiki pencernaan. Tingginya tingkat yodium dalam kelp ini berbarti memiliki kemampuan untuk membantu mengatasi gangguan tiroid.

Manfaat Kesehatan dari Kelp

Jenis rumput laut ini telah digunakan dalam masakan orang-orang Asia selama berabad-abad yang lalu. Baru-baru ini, penggunaan bubuk kelp atau suplemen kelp telah menjadi populer karena banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan. Namun, ada beberapa tindakan yang perlu diambil bila akan menggunakan produk kelp untuk tujuan pengobatan.

Dalam artikel ini, akan dijelaskan hal-hal terkait manfaat kelp berdasarkan penelitian.

Apa itu kelp?

Rumput laut kelp adalah salah satu jenis ganggang/alga yang hidup di air laut. Alga ini kaya akan nutrisi dan tumbuh di sekitar pantai di seluruh dunia. Kelp ini termasuk dalam spesies Laminaria dan juga disebut sebagai rumput laut cokat atau kombu (sebutan untuk orang Jepang).

Biasanya kelp ini direbus dan kemudian dikeringkan sebelum diubah menjadi bubuk. Kelp kadang digunakan sebagai pengental untuk sup, jeli atau es krim. Dari semua jenis rumput laut, kelp ini mengandung kadar yodium paling tinggi.

Dalam masakan Asia, kelp ini termasuk makanan yang biasa dinikmati hampir setiap hari, khususnya oleh masyarakat Jepang.

Nutrisi kelp

Banyak manfaat kesehatan dari kelp ini, lantaran memang jenis rumput laut ini kaya akan vitamin, mineral, dan komponen nutrisi lainnya.

Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) melaporkan bahwa 10 gram kelp mengandung nutrisi sebagai berikut:

  • 4 kalori
  • 17 mg kalsium
  • 9 mg potasium
  • 3 mg besi
  • 18 mcg folat

Kelp juga mengandung sejumlah vitamin A, C, dan K.

Salah satu alasan mengapa banyak orang mengonsumsi suplemen kelp adalah karena kandungan yodiumnya yang tinggi. Jurnal Thyroid Research melaporkan bahwa kandungan rata-rata yodium dalam kelp kering adalah 1.542 mcg / g. National Institutes of Health mengatakan bahwa asupan harian yang direkomendasikan (RDA) yodium adalah 90-150 mcg pada anak-anak dan orang dewasa dan 220 mcg pada wanita hamil.

Studi menunjukkan bahwa aktivitas bioaktif yodium dari kelp ini sangat tinggi, yang berarti bahwa persentase yodium yang diserap oleh tubuh tinggi pula.

Banyak manfaat dari kelp yang berasal dari tingginya tingkat antioksidan. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Marine Drugs menemukan bahwa rumput laut cokelat seperti kelp ini mengandung sekelompok senyawa bernama fucoidan. Senyawa ini memiliki efek antioksidan dengan sifat antikanker.

Manfaat kelp

Mari kita lihat lebih detail bagaimana ekstrak rumput laut dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Kelp untuk Menurunkan berat badan

Menelan suplemen kelp berbentuk tablet atau pil dapat membantu tubuh menurunkan berat badan.

Salah satu alasan mengapa para ilmuwan mengatakan kelp bisa tingkatkan penurunan berat badan adalah karena mengandung alginat dan fucoidan. Senyawa rumput laut ini memiliki sifat anti-obesitas karena mereka menghambat penyerapan lipid dan meningkatkan perasaan kenyang. Sebagai contoh, para peneliti mencatat bahwa bubuk rumput laut cokelat dicampur dalam minuman bisa membantu menekan keinginan untuk makan.

Karena zat antioksidan dalam kelp pula bisa membantu seseorang menurunkan berat badan. Penelitian telah menemukan bahwa fucoxanthin yang ditemukan dalam rumput laut membantu mencegah penumpukan lemak tubuh.

Uji klinis pada wanita gemuk menemukan bahwa tablet kelp untuk menurunkan berat badan yang mengandung fucoxanthin dan minyak biji delima membantu mengurangi berat badan dan lemak tubuh.

Peneliti dari Inggris menemukan bahwa serat dalam kelp dapat membantu melawan obesitas. Dalam sebuah percobaan, mensuplai ekstrak rumput laut bisa membuat lemak dicerna lebih cepat tanpa diserap oleh tubuh. Para ilmuwan mengatakan bahwa alginat dari rumput laut membantu “secara signifikan mengurangi pencernaan lemak oleh tubuh.”

The journal Nutrition Reviews melaporkan bahwa rumput laut mengandung protein dan antioksidan yang tidak ditemukan dalam bahan makanan lain. Banyak dari senyawa dalam kelp ini dapat membantu meningkatkan kesehatan usus dan mengurangi obesitas.

Tentu saja, menggunakan rumput laut untuk menurunkan berat badan tidak akan begitu saja berat badan turun, tetapi kita bisa memadukannya dengan hal lain untuk menurunkan berat badan.

Kelp mengandung yodium dan dapat membantu mengatur tingkat tiroid

Kelp adalah sumber makanan  yang kaya akan yodium dan dapat membantu mengobati berbagai gangguan tiroid.

Satu studi tentang manfaat kelp terkait fungsi tiroid adalah bahwa kelp ini merangsang hormon tiroid. Selama 4 minggu, mengonsumsi suplemen kelp bisa membantu meningkatkan thyroid-stimulating hormone (TSH).

Percobaan lain menemukan bahwa mengonsumsi bubuk kelp dapat membantu mengobati hipotiroidisme. Orang dengan tiroid yang kurang aktif mengambil 1-2 g bubuk kelp sehari. Ini berarti terdapat 200-400 µg yodium. Para peneliti mencatat bahwa suplementasi kelp membantu menormalkan fungsi tiroid dan mengobati hipotiroidisme yang disebabkan oleh kekurangan yodium.

Kelp dapat membantu mencegah pembekuan darah

Senyawa dalam kelp memiliki sifat antikoagulasi yang dapat menurunkan risiko yang terkait dengan pembekuan darah.

Jurnal Trombosis Research menemukan bahwa senyawa yang disebut fucoidan dalam kelp ini membantu mengurangi pembekuan darah. Para ilmuwan menemukan bahwa suplemen kelp dapat mencegah trombosis pada tikus. Mereka menyimpulkan bahwa ekstrak yang mengandung fucoidan dari ganggang cokelat memiliki potensi untuk menjadi suplemen oral antitrombotik.

Penelitian lain menunjukkan bahwa ekstrak kelp bisa menjadi alternatif alami heparin untuk mencegah pembekuan darah. Heparin adalah obat populer untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah.

Kelp dapat membantu menjaga kesehatan jantung

Ekstrak dari rumput laut juga bermanfaat bagi jantung karena mereka memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Peninjauan terhadap sekitar 580 penelitian menemukan bahwa polisakarida dari rumput laut cokelat memiliki efek menguntungkan pada sistem kardiovaskular. Ekstrakkelp membantu menurunkan tekanan darah, mencegah pembekuan, dan mengurangi peradangan. Efek ini dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular.

Dapat pula membuat beberapa perubahan gaya hidup sederhana untuk membantu meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Kelp dapat membantu menurunkan tekanan darah

Salah satu manfaat ekstrak kelp dalam menjaga jantung sehat adalah bisa membantu mengatur tekanan darah.

Para peneliti telah menemukan bahwa makanan seperti kelp atau rumput laut lainya memiliki sifat anti-hipertensi. Ekstrak rumput laut dan ganggang mengandung mineral dan serat yang membantu menurunkan tekanan darah.
Penelitian lain menemukan bahwa polifenol dalam ekstrak rumput laut seperti kelp ini dapat membantu mengendalikan hipertensi. Ini bertindak mirip dengan bagaimana obat-obat hipertensi ACE bekerja.

Kelp dapat menurunkan kolesterol

Ekstrak kelp bermanfaat bagi jantung karena mereka juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Para peneliti telah menemukan bahwa rumput laut cokelat mengandung fucosterol yang membantu menurunkan kadar kolesterol plasma. Konsumsi kelp hanyalah salah satu dari banyak cara untuk menurunkan kadar kolesterol secara alami.

Kelp dapat menurunkan kadar glukosa darah

Makanan laut seperti kelp juga dapat membantu mengontrol kadar glukosa darah.

Penelitian ilmiah telah mengungkapkan bahwa mengkonsumsi suplemen rumput laut dapat membantu penderita diabetes mengendalikan gejalanya. Suplemen kelp juga menurunkan lipid darah (sejenis lemak dalam darah) dan meningkatkan kadar antioksidan dalam darah.

Kelp memiliki sifat anti-peradangan

Suplemen rumput laut cokelat juga dapat membantu mengurangi respons peradangan di tubuh Anda.

Meskipun peradangan diperlukan untuk melawan infeksi, peradangan kronis atau jangka panjang dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Sebuah studi dari 2016 menemukan bahwa ekstrak rumput laut cokelat membantu mengatur respon inflamasi dalam darah. Ini membantu mengurangi beberapa komplikasi terkait dengan obesitas dan kelebihan berat badan.

Penelitian lain menunjukkan bahwa polisakarida dari ekstrak rumput laut dapat membantu mengobati berbagai penyakit radang.

Kelp dapat meningkatkan kesehatan pencernaan

Mengambil suplemen kelp juga dapat membantu meningkatkan pencernaan, karena mereka bertindak sebagai prebiotik.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2018 menemukan bahwa suplemen rumput laut cokelat membantu bakteri baik di usus untuk berkembang. Kelp mengandung serat yang memiliki sifat prebiotik. Ini membantu “memberi makan” bakteri baik yang penting bagi kesehatan pencernaan Anda. Mensuplai suplemen kelp meningkatkan bakteri baik di usus seperti Lactobacillus, Bifidobacterium, dan Enterococcus .

Para ilmuwan juga mencatat bahwa peningkatan pencernaan membantu mengurangi berat badan , meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan mikrobiota usus yang sehat.

Kelp dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis

Salah satu dari banyak kegunaan untuk melengkapi manfaat ekstrak kelp adalah untuk meningkatkan kesehatan tulang.

Osteoporosis sering memengaruhi wanita berusia 40-an dan dapat menyebabkan tulang rapuh, patah tulang, dan sakit punggung.

Penelitian telah menemukan bahwa ekstrak dari ganggang laut membantu menekan osteoklas yang bertanggung jawab atas struktur tulang yang buruk. Para ilmuwan mampu mengidentifikasi senyawa spesifik dalam ekstrak rumput laut yang membantu memperkuat tulang dan memiliki efek anti-osteoporosis. Mereka menyimpulkan bahwa ganggang laut dapat digunakan sebagai makanan atau obat yang dapat membantu mencegah osteoporosis.

Studi lain menemukan bahwa suplemen alga yang diperkaya dengan kalsium berkadar tinggi sehingga bisa membantu mencegah efek osteoporosis.

Kelp memiliki properti antikanker

Sifat antioksidan dari kelp mungkin memiliki efek menguntungkan dalam membantu mengobati dan mencegah berbagai jenis kanker.

The International Journal of Biological Macromolecules melaporkan pada tahun 2013 bahwa senyawa dalam ekstrak ganggang laut ini memiliki potensi antikanker. Sebagai contoh, polisakarida memiliki efek antioksidan yang dapat memiliki potensi terapeutik dalam pengobatan kanker.

Sebuah studi perbandingan sifat obat dari berbagai jenis rumput laut cokelat menemukan bahwa mereka dapat membantu mencegah pertumbuhan tumor tertentu.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa turunan rumput laut dapat membantu membunuh sel kanker pada kanker payudara dan kanker kolorektal.

Penelitian lain menemukan bahwa senyawa fucoxanthin yang secara alami ada di dalam rkelp dapat menghancurkan sel-sel kanker. Ekstrak kelp menunjukkan potensi dalam mengobati leukemia, kanker prostat, kanker lambung, dan kanker kandung kemih.

Studi dari Jepang menunjukkan bahwa mengkonsumsi rumput laut setiap hari juga bisa memiliki efek perlindungan terhadap kanker payudara pada wanita.

Tentu saja, mesti dilakukan banyak penelitian mengenai bagaimana ekstrak kelp bermanfaat untuk pengobatan kanker. Namun, penelitian menunjukkan bahwa kelp memiliki potensi antikanker.

Produk kosmetik kelp dapat meningkatkan kesehatan kulit

Tingkat antioksidan yang tinggi dan efek anti-inflamasi dalam kelp sangat baik untuk produk kosmetik.

Banyak hasil penelitian kelp terhadap kulit yang menunjukan bahwa ganggang cokelat memiliki sejumlah kenggunaan terhadap dermatologis. Krim dan pengaplikasian secara topikal yang mengandung ekstrak kelp dapat membantu mengobati eksim, infeksi kulit, dan melindungi kulit dari kerusakan sel.

Efek samping kelp dan tindakan pencegahannya

Meskipun suplemen kelp memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, ada beberapa tindakan pencegahan yang harus Anda waspadai.

Efek pada fungsi tiroid

Bubuk kelp bermanfaat terhadap fungsi tiroid jika tubuh kekurangan yodium dan timbul hipotiroidisme. Namun, terlalu banyak konsumsi kelp bisa menyebabkan overdosis yodium.

Mengenai penggunaan aman suplemen rumput laut, para ilmuwan mengatakan bahwa penting untuk memperhatikan kandungan yodiumnya. Sebagai contoh, beberapa suplemen kelp mengandung 225 mcg yodium yang merupakan 150% dari asupan harian yang direkomendasikan.

Juga, terlalu banyak makan kelp dapat menyebabkan hipertiroidisme karena kandungan yodium kelp terlalu merangsang kelenjar tiroid.

Kandungan arsenik

Dosis suplemen kelp yang tinggi juga bisa menyebabkan keracunan arsenik. Para peneliti telah menemukan bahwa ekstrak rumput laut dapat mengandung kadar arsenik.

Namun, rumput laut mengandung arsenik anorganik yang dinilai sedikit beracun daripada arsenik organik. Menurut European Pharmacopoeia Commission, arsenik hingga 90 ppm dalam kelp diizinkan terdapat dalam produk obat-obatan.

Konten logam berat

Karena rumput laut menyerap mineral dan nutrisi dari laut, hal ini bisa juga menyerap logam berat jika kelp tumbuh di perairan yang tercemar.

Sebuah studi terhadap 426 contoh kelp yang dijual di satu negara Asia menemukan adanya timah, arsenik, merkuri, dan kadmium. Namun, para peneliti mengatakan bahwa ada kemungkinan toksisitas rendah dari konsumsi rumput laut jika diambil dalam dosis yang direkomendasikan.

Pilih suplemen kelp terbaik

Karena kelp ini dapat menyerap logam berat, Anda mesti mencari suplemen kelp yang telah dimurnikan. Juga, carilah suplemen rumput laut berkualitas tinggi yang berasal dari air bersih.

Anda juga dapat membeli di toko-toko kesehatan dan toko online kelp organik dalam bentuk tablet atau bubuk yang bebas dari zat beracun.

Cara mengkonsumsi kelp

Anda dapat mengkonsumsi kelp mentah, dimasak atau dalam bentuk kering. Jika Anda mengkonsumsi kelp segar, pastikan untuk membersihkannya dengan baik. Selain mengambil suplemen kelp, dapat pulamenambahkan bubuk kelp atau spotongan kelp kering ke dalam makanan.

Misalnya, tambahkan bubuk kelp kering ke sup atau salad favorit Anda. Anda dapat membeli kelp di swalayan atau secara online dalam bentuk kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.