Inilah Mengapa Urine Berbau Menyengat

Kabar buruk terkait kondisi urine yang demikian, bahwa Anda mungkin mesti berhenti minum kopi…

Inilah mengapa urine berbau menyengat

Sebagian besar waktu Anda, mungkin tidak memperhatikan bau dari urine. Tapi terkadang, Anda mencium bau yang aneh dari urine dan mungkin akan bertanya-tanya, ada apa dengan bau urineku?

Nah, untuk kondisi ini terdapat banyak hal yang bisa memengaruhi bau urine. Berikut ini beberapa alasannya yang penulis alih bahasakan dari situs website www.bodyandsoul.com.au:

Dehidrasi

Jika tubuh Anda mendapat cukup cairan (dan cairan paling baik untuk tubuh adalah air), urine anda mestinya tidak berwarna pekat dan mungkin tidak berbau.

Tapi, mungkin saja tubuh tidak mendapat cukup cairan, yang akhirnya urine menjadi berwarna pekat.

Bila itu terjadi, urine bisa menghasilkan bau yang menyengat hidung. Bahkan, warnanya bisa–lebih dari pada pekat,–gelap.

Jadi, jika Anda merasa tidak mensuplai banyak air ke tubuh. Minumlah lebih banyak air, delapan liter perhari, mungkin.

Kopi

Yah, kopi! Tiada hari tanpa secangkir (atau dua) kopi untuk memulai atau menemani hari Anda.

Tapi, jika Anda mensuplai lebih banyak kafein, urine Anda mungkin akan berbau menyengat.

Jangan panik bila itu terjadi. Sebaliknya, Anda mungkin mesti mempertimbangkan kembali untuk mengonsumsi dua cangkir kopi atau lebih dalam sehari. (Dan, sebagai gantinya, Anda mesti meningkatkan asupan air)

Makanan

Walau kebanyakan masyarakat Indonesia tidak pernah atau bahkan mungkin belum pernah mendengar sayuran bernama asparagus, tapi ketahuilah bahwa asparagus bisa memengaruhi bau urine kita.

Diketahui juga: bahan makanan lain–semisal bawang–juga memengaruhi bau dari urine.

Infeksi saluran kencing

Anda bisa memiliki risiko untuk memiliki gejala dari infeksi saluran kencing.

Mulai dari urine keruh, hingga sakit atau merasa sangat panas ketika buang air kecil, merupakan gejala dari ISK.

Trikomoniasis

Infeksi lain–seperti trikomoniasis, merupakan infeksi yang ditularkan dari hubungan seks–ini bisa sebabkan urine berbau.

Trikomoniasis sering menyebabkan gatal di vagina, serta menghasilkan cairan berbau dengan warna kuning kehijauan.

Jika Anda merasa memiliki penyakit trikomoniasis, segera temui dokter karena tubuh Anda memerlukan antibiotik untuk mengatasi penyakit ini.

Perlu diketahui bahwa trikomoniasis biasanya terjadi pada wanita. Tapi, pria juga memiliki risiko untuk mengalami penyakit ini, namun biasanya tanpa gejala.

Obat-obatan, vitamin, atau suplemen lainnya

Jika Anda mengonsumsi suplemen, vitamin, atau obat-obatan, mungkin Anda menyadari bahwa bau urine sedikit berubah, juga warnanya.

Untuk mengatasi itu, Anda bisa minum lebih banyak air untuk membantu mengencerkan senyawa-senyawa dalam tubuh, yang bisa membuat bau urine Anda bisa menyengat atau berbau.

Diabetes

Ada banyak gejala diabetes yang mungkin Anda ketahui. Dari kehilangan berat badan secara tidak terduga, hingga meningkatnya rasa haus dan buang air kecil.

Tetapi ada gejala lain, adalah urine Anda menjadi berbau. Ketika Anda mengidap diabetes, tubuh Anda memproduksi keton, yang dikeluarkan dalam urin dan dapat membuatnya berbau manis.

Penyakit tertentu

Terdapat penyakit tertentu yang dapat menyebabkan urine Anda berbau. Ini bisa termasuk diabetes (ketika Anda mengalami ketoasidosis diabetik, atau DKA), jika Anda memiliki gangguan metabolisme atau fistula.

Apa yang harus dilakukan jika urine berbau?

Jika urine berubah menjadi lebih gelap (lebih pekat), atau berbau menyengat atau berbau lainnya, saat itulah tubuh Anda mesti diberi asupan cairan (dalam hal ini air). Ini bisa menjadi cara mengatasi urine berbau atau berwarna.

Tetapi jika Anda memiliki gejala infeksi bersamaan dengan urine yang berbau, segera temui dokter.

Anda juga harus memeriksakan diri ke dokter jika mengalami gejala yang mengkhawatirkan seiring dengan perubahan bau urine (seperti peningkatan rasa haus dan buang air kecil).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.