Cara Alami Mengobati atau Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Batu ginjal termasuk penyakit yang cukup umum dan biasanya memengaruhi mereka yang berusia 30-60 tahun. Batu ginjal ini berasal dari mineral yang terdapat dalam urine. Mineral berbentuk kristal mungil ini membentuk zat padat dalam ginjal dalam kurun waktu tertentu.

Sebagian besar batu ginjal terbentuk dari kalsium oksalat. Oksalat merupakan garam organik yang ketika bercampur dengan kalsium akan menghasilkan zat tidak larut yang mana merupakan campuran yang biasa terdapat dalam batu ginjal

Penyakit batu ginjal paling sering terjadi pada kaum pria, dibanding wanita. Dan juga mereka yang kelebihan berat badan dan penderita obesitas memiliki risiko tinggi menderita batu ginjal.

Penderita mungkin akan merasakan keluhan nyeri di panggul yang kondisinya bisa cukup parah, nyeri di paha bagian dalam, terdapat darah dalam urine, urine keruh, dan terdapat kristal dalam urine.

Perlu diperhatikan juga bahwa batu ginjal bisa menjadi penyebab adanya leukosit dalam air kencing. Jurnal Urologi menerbitkan laporan yang menunjukan bahwa hampir separuh penderita batu ginjal memiliki jumlah leukosit tinggi dalam urinenya.

Setelah batu ginjal terbentuk, tubuh akan mencoba mengeluarkannya dari dalam ginjal melalui aliran urine. Batu ginjal dengan ukuran kecil dapat dikeluarkan tanpa tanpa rasa sakit dan bahkan mungkin tidak terlihat oleh kita, tetapi batu yang ukurannya lebih besar dari diameter uretra bisa sangat menyakitkan untuk dikeluarkan.

Lalu, bagaimana mencegah atau mengobati batu ginjal secara alami berdasarkan penelitian

Mereka yang memiliki risiko menderita batu ginjal atau pun penderita batu ginjal itu sendiri dapat mengurangi kekambuhan dan mencegah pembentukan batu ginjal dengan melakukan beberap hal yang bersifat alami.

Konsumsi lebih banyak air

Mesti menghindari atau mengurangi konsumsi makanan dengan kandungan oksalat tinggi seperti: coklat, teh, kafein, garam, kacang-kacangan, umbi merah, bayam, dan minuman ringan berbasis fosfat.

Menurut sebuah penelitian jus jeruk bali juga meningkatkan risiko batu ginjal. Disarankan untuk meningkatkan konsumsi serat dan minum banyak air., ini akan membuat kalsium oksalat bisa lebih terlarut, sehingga bisa mengurangi pembentukan kristal.

Dapat pula menambahkan air ke dalam setengah cangkir jus lemon perharinya, karena jus lemon juga membantu mengurangi pembentukan batu ginjal karena meningkatkan kadar sitrat urine.

Magnesium + vitamin B6

Sebuah penelitian ilmiah menunjukkan bahwa kombinasi vitamin B6 dan magnesium sitrat dapat secara signifikan mengurangi lagu pembentukan batu ginjal kalsium oksalat.

Dosis yang dianjurkan adalah magnesium sitrat 500 mg dan 40 mg vitamin B6 perharinya.

Minyak ikan

Minyak ikan membantu mengurangi oksalat dalam urine sehingga bisa turunkan risiko batu ginjal. EPA dan DHA adalah dua asam lemak rantai panjang omega-3 (tak jenuh) dalam minyak ikan.

Penelitian ilmiah menyebutkan bahwa “mengkonsumsi 1.200 mg minyak ikan per hari dapat menurunkan konsentrasi kalsium dan oksalat urine serta peningkatan konsentrasi sitrat urin secara signifikan”

Studi medis lain menyimpulkan bahwa konsumsi 1800 mg EPA per hari dapat mengurangi risiko pembentukan batu kalsium.

Ikan salmon, tuna, makerel, dan sarden adalah sumber terbaik dari EPA.

Cuka sari apel

Cuka sari apel mengandung asam asetat. Beberapa orang mengklaim bahwa ketika kita mencerna asam asetat, asam ini memiliki efek alkali dan tubuh yang sehat butuh kondisi yang lebih basa daripada asam. Dikatakan bahwa kalsium oksalat, sistin, dan batu asam urat terbentuk ketika urine mengandung terlalu banyak asam di dalamnya.

Penelitian pun menemukan bahwa orang yang mengonsumsi cuka hasil fermentasi (seperti cuka sari apel) kecil kemungkinan untuk mengembangkan batu ginjal.

Kegunaan cuka sari apel yang paling efektif adalah sebagai pencegah batu ginjal, cara penggunaannya campurkan 6 sendok teh atau lebih ke dalam satu galon air, lalu minum sepanjang hari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.