6 Cara Sederhana untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem imun kita memiliki fungsi yang sangat luar biasa, adalah melindungi tubuh terhadap sesuatu yang dianggap merugikan tubuh, mikroorganisme merugikan, misalnya. Namun kadang, pertahanan tubuh kita tidak berfungsi semestinya, yang menyebabkan sesuatu asing menganggu kondisi tubuh kita.

Cara Sederhana untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kondisi peralihan cuaca menuju penghujan membuat kita cenderung menghabiskan waktu di dalam ruangan. Hal ini bisa membuat tubuh kita lebih mudah untuk terserang masalah kesehatan, pilek, misalnya dan sistem imun tubuh akan bekerja keras.

Lalu, bagaimana meningkatkan sistem imun tubuh? Untungnya, terdapat beberapa cara mudah untuk membantu sistem imun tubuh tetap berfungsi dengan baik dan bisa cegah pilek dan flu. Untuk mencegah masalah kesehatan, penting sekali untuk menjaga kondisi sistem imun tubuh tetap baik. Dengan kondisi sistem imun tersebut, kita tetap terhindari dari dampak cuaca buruk.

Cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh: 6 cara sederhana

Berikut adalah enam cara sederhana untuk meningkatkan sistem kekebalan agar tetap dalam kondisi baik.

Berjemurlah di bawah sinar matahari!

Manfaatkan sinar matahari selama beberapa hari sebelum masuk musim penghujan. Sinar matahari termasuk cara terbaik untuk mensuplai vitamin D ke dalam tubuh kita. Vitamin D ini penting sekali agar sistem kekebalan tubuh kita berfungsi dengan baik. Charlotte Stirling-Reed, seorang ahli gizi, mengatakan: “Sekitar 90% dari kebutuhan Vitamin D tubuh berasal dari sinar matahari, yang berarti tidak mungkin bagi kita untuk mensuplai vitamin D dari makanan sehari-hari.”

Penjelasan di atas dimaksudkan untuk kita menghabiskan waktu di luar ruangan, ketika cuaca sedang cerah. Hanya dengan berjemur di bawah sinar matahari selama 15 menit, kita bisa mensuplai cukup kebutuhan vitamin D selama sehari.

Mengonsumsi bawang putih

Bawang putih telah banyak digunakan dalam pengobatan alami selama berabad-abad yang lalu dan termasuk makanan sehat di dunia. Studi menunjukan bahwa mengonsumsi bawang putih ketika sakit bisa secara signifikan mempersingkat waktu sakit kita.

Allician yang terdapat dalam bawang putih termasuk senyawa paling kuat. Menambahkan bawang putih ke dalam makanan termasuk cara efektif untuk mendapatkan manfaatnya.

Olahraga

Penelitian menemukan hubungan antara aktivitas fisik yang teratur dan sistem kekebalan tubuh. Menurut Harvard Medical School, “Olahraga teratur adalah salah satu pondasi hidup sehat. Ini bisa meningkatkan kesehatan kardiovaskular, menurunkan tekanan darah, membantu mengendalikan berat badan, dan melindungi tubuh terhadap berbagai penyakit.”

Olahraga berkontribusi besar terhadap fungsi kekebalan tubuh. Aktivitas ini bisa tingkatkan sirkulasi darah, kemudian mengoptimasi fungsi sistem kekebalan.

Mensuplai kebutuhan vitamin C

Vitamin C dipercaya mampu meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan kunci penting dalam melawan infeksi. Sangat penting untuk mendapat cukup vitamin C setiap hari, lantaran tubuh kita ini bisa menyimpan dan memproduksi vitamin C.

Banyak buah dan sayuran yang mengandung vitamin C ini. Buah jeruk termasuk sumber paling baik vitamin C. Sayuran pula memiliki vitamin C tinggi, semisal bawang, paprika, kubis Brussel, sayuran berwarna hijau gelap, dan tomat. Cara lain adalah dengan meminum minum jus.

Konsumsi makanan probiotik

Pencernaan yang sehat bisa berdampak baik terhadap tubuh secara keseluruhan. Hampir 80% sel sistem kekebalan terletak di sistem pencernaan. Kita perlu menjaga mikroorganisme tubuh, yang terdiri dari sekitar 100 triliun mikroorganisme yang mengisi tubuh kita (terutama di usus).

Makanan fermentasi adalah cara terbaik untuk mendapatkan manfaat dari probiotik ini. Konsumsi makanan ini secara teratur adalah cara efektif untuk bisa mempertahankan kondisi terbaik dari sistem imun.

Hindari gula refinasi

Cobalah untuk menghindari gula refinasi. Gula putih ini adalah jenis gula yang paling banyak digunakan. Gula ini ternyata bisa merusak sel-sel darah putih dan bisa menghambat fungsi darah putih. Ketika tubuh disuplai gula ini, fungsi sel darah putih menjadi kurang efektif dalam membunuh kuman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.